OSPEK, tradisi yang harusnya diteruskan atau dihentikan??
Apa sih yang pertama kali terlintas dalam benak anda-anda sekalian ketika mendengar kata-kata "OSPEK" ? mungkin bagi mahasiswa baru, kata ini menjadi momok menakutkan bagi MABA (sebutan untuk mahasiswa baru). ya, dengan adanya kegiatan ini dikampus maka yang terlintas dipikiran MABA adalah kakak-kakak senior yang mulai mengerjai mereka, mengintimidasi bahkan mengasari mereka.
menurut pengalaman gw yang dulu juga pernah ngerasain yang namanya ospek, kegiatan semacam ini waktu pertama kali gw dengerin, plus banyak bumbu-bumbu penyedapnya, adalah sebuah kegiatan dimana para senior mengambil kesempatan dalam kesempitan.. yang artinya, ya mumpung jadi panitia sekalian cari mangsa, ato pengen balas dendam gara-gara jaman ospek dia dulu kagak lulus ato ga jadi orang yang paling dipermalukan..haha..mampus..
memang sih, jaman sekarang tuh kalo menurut gw ospek itu uda jauh dari kata mendidik, ato minimal ga sesuai dengan planning-planning yang semestinya ada untuk mengenalkan MABA kepada kehidupan kampus.. itu tadi karena pake acara bikin buku perkenalan lah, jadinya manusia-manusia yang umurnya lebih tua mendapatkan ide untuk pekerjaan ganda, yaitu melayani pertanyaan atopun permintaan kenalan si junior, nah sekalian juga deh kenalan (kalo juniornya cantik, kalo demek biasanya mikir-mikir lagi..wkwkwkwk), ato kalo menurut senior MABAnya tengil, dikerjain aja tuh...haha..
Ospek itu kan pada dasarnya sebenernya untuk pengenalan lingkungan kampus yang nantinya bakalan akrab sama kehidupan si MABA ini, tapi biasanya senior-senior ini suka sok tau dengan menambahkan tugas-tugas aneh kaya kenalan, trus isi buku dan ditanda tangan..menurut pengalaman gw, kaya gini sebenernya ga perlu lah..perkenalan mah dilakukan atas dasar ikhlas, bukan terpaksa kaya gini. toh gw banyak banget kenalan senior tanpa harus pake-pake buku kenalan gitu (walopun gw juga ngikutin aturan main ospek gw waktu itu..hhe..).
Nah pernah juga ketika gw uda diposisi senior paling tinggi, ato sebutanya macan kampus..wkwkwk..ato sebutan lainnya MAPALA (mahasiswa paling lama..hehe..tapi karena kampus gw negeri selama-lamanya gw cuman 3 taun lebih dikit, maksimum 4 taun lah..hehe..) gw sempet bingung karena ada ide dari ade kelas yang mengusulkan program membantu MABA untuk meraih IPK yang lebih baik, diawali dengan proses di ospek, kemudian dilanjutkan ke kehidupan kampus selama mereka mengikuti kegiatan akademik yang ada dikampus.. gw bingung, lah ngapain sih pake acara sok-sokan mau bantuin naikin IPK ade kelas, nah IPK ente-ente aja pada ga bagus-bagus amat..lagian menurut gw ketika itu, ospek itu lebih ke pengenalan kampus, dari mulai civitas kampusnya, ruangan-ruangannya (kampus gw itu segi 8 nyambung-nyambung, jadi klo ga biasa dijamin nyasar gan..) dan seluk beluk di dalemnya.. Ini merupakan satu contoh yang agak ga lazim untuk ospek-ospek jaman sekarang..
Tapi itu mending mau bantuin dalam hal positif, klo pengalaman gw dlu waktu jadi MABA, pake acara dikumpulin di suatu tempat luas di kampus, terus di interogasi macem-macem dan mencari-cari kesalahan, apa ini mendidik? gw rasa ga ada fungsi dan manfaatnya untuk kedepan..klopun ada, nanti pas kita uda pada senior ada pengalaman yang bisa diceritain sekaligus bahan ceng-cengan dan lucu-lucuan..hehe..
Dari segi tata acara dan rangkaian ospek itu sendiri, banyak koq yang menurut gw masih bisa diambil manfaatnya sebenernya..tergantung kita aja nerimanya gimana. Emang ospek itu ga memberikan efek langsung, tapi jangka panjang.
Efek jangka panjang yang gw maksud disini tuh, gw ambil contoh pengalaman gw aja ya, gw ini mahasiswa perikanan yang kerjaannya banyak praktek lapangan atopun praktikum di Laboratorium. Nah klo gw ga terbiasa menghadapi hal-hal baru yang lumayan ga terbayang dalam hidup gw sebelomnya, maka gw ga akan bisa bertahan di FPIK yang sangat kejam kehidupannya, baik dosen maupun mata kuliahnya..hehe..dengan adanya tugas-tugas ospek yang bejibun, plus disuruh bikin-bikin kreativitas-kreativitas tertentu, plus lagi di omel-omelin, diculik ke kosan senior, sampe berendem di lumpur yang luar biasa bau, trus ditambah nyium bangke ikan busuk dan cuci muka pake jeroan ikan yang dicampur di satu ember, membuat gw jadi terbiasa mengahadapi kehidupan kampus gw yang emang kaya gitu (gw sering yang namanya Fieldtrip, kunjungan lapangan untuk ngambil data-data praktikum)..malah karena waktu ospek itu berat (oia, setaun pertama dikampus, isinya ospek doank..haha..) setelah gw bener-bener terjun kedunia akademik, gw jadi ngerasa lebih ringan...karena apa? karena itu tadi, dunia akademik perikanan itu keras bung, sama kaya hidup di Ibukota (walopun kampus gw jauh dari peradaban kota besar...wkwkwk). Dan efek yang lebih nyata lagi adalah, ketika di dunia kerja gw berasa enteng banget ngerjain segala pekerjaan gw dengan dibwah tekanan atasan, klien dan lain-lainnya (dinamika kerja..hehe..), beruntung gw bisa mengenyam ilmu yang sangat berguna kelak untuk Indonesia ini, walopun gw harus "berdarah-darah" dulu untuk nyeleseinnya..#lebay.com....
Dengan rangkaian ospek seperti itu gw bener-bener mendapatkan pengalaman yang gokil-gokil, kebersamaan yang hangat antara senior, junior dan juga dosen serta semua civitas jurusan dan fakultas, dan yang terpenting, itu semua bermanfaat besar sekarang (saat kerja). Asli manfaat banget. yang gampang adalah gw ngebandingin dengan hasil dari ospek ade kelas gw setelah 2 taun berselang, yang jauh dari deskripsi yang gw bilang diatas..dan hasil kebawah-bawahnya terus gimana?? berantakan semua sekarang gan.. dosen pada ngeluh karena sikap mahasiswanya yang ga hormat lah, asisten praktikum ngeluh karena praktikannya ga bisa ngapa-ngapain pas lagi praktikum lapangan, dan paling utama adalah, penyelesaian tugas dan laporan-laporan praktikum yang amburadul...Ini adalah fakta nyata yang gw liat dikampus..Miris memang, tapi itu tadi, ada dilema antara kita mempertahankan kaya gitu di jaman sekarang, apa masih relevan? kemudian ada solusi yang membuat Ospek dijadikan kegiatan yang mendidik..tapi tidak jelas deskripsi mendidik ini yang kaya gimana..logikanya, klo mau mendidik, ngapain lo kuliah, uda aja ikut ospek sampe kelar, semua ilmu uda didapet kan?? sama aja jadinya...hehe..sedangkan senior yang dibilang mau mendidik, sedang empot-empotan juga mikirin kuliahnya yang brantakan gara-gara banyak berorganisasi yang ga penting, termasuk jadi panitia ospek itu sendiri..hehe...susah juga kan jadinya?
Jadi ada baiknya untuk dikaji kembali, minimal agar MABA nya juga ga keder begitu denger kata-kata ospek tadi..ga mungkin kan ospek kaya deskripsi gw diatas dilaksanain untuk jurusan macem ekonomi atopun sastra? karena ga akan ada manfaatnya juga di suruh push up, sementara lingkup mereka nanti kebnayakan didalam kantor atopun didalam kelas (pas kuliah). Tapi klo untuk jurusan tempat gw menuntut ilmu, itu sangat penting untuk digelar, karena uda banyak keluhan-keluhan negatif yang dateng dari pihak civitas jurusan gw yang mengatakan uda ga ada lagi tata krama, rasa hormat, ngehargain, dan lain-lain dilingkungan jurusan gw..jangankan pegawai TU, dosen aja banyak yang menegeluh karena sikap mahasiswanya yang dinilai kurang baik di kampus..
So, klo mau ngejalanin ato ngadain ospek, ngerti dulu akarnya ospek itu buat apaan sebenernya, sama ada ga manfaat kedepannya dengan jurusan yang lo jalanin nanti..jangan sampe kaya I*DN dulu, ga tau sekarang, yang seharusnya sebagai abdi masyarakat, tetapi jadi arogan karena kebiasaan-kebiasaan yang jadi "tradisi".
menurut pengalaman gw yang dulu juga pernah ngerasain yang namanya ospek, kegiatan semacam ini waktu pertama kali gw dengerin, plus banyak bumbu-bumbu penyedapnya, adalah sebuah kegiatan dimana para senior mengambil kesempatan dalam kesempitan.. yang artinya, ya mumpung jadi panitia sekalian cari mangsa, ato pengen balas dendam gara-gara jaman ospek dia dulu kagak lulus ato ga jadi orang yang paling dipermalukan..haha..mampus..
memang sih, jaman sekarang tuh kalo menurut gw ospek itu uda jauh dari kata mendidik, ato minimal ga sesuai dengan planning-planning yang semestinya ada untuk mengenalkan MABA kepada kehidupan kampus.. itu tadi karena pake acara bikin buku perkenalan lah, jadinya manusia-manusia yang umurnya lebih tua mendapatkan ide untuk pekerjaan ganda, yaitu melayani pertanyaan atopun permintaan kenalan si junior, nah sekalian juga deh kenalan (kalo juniornya cantik, kalo demek biasanya mikir-mikir lagi..wkwkwkwk), ato kalo menurut senior MABAnya tengil, dikerjain aja tuh...haha..
Ospek itu kan pada dasarnya sebenernya untuk pengenalan lingkungan kampus yang nantinya bakalan akrab sama kehidupan si MABA ini, tapi biasanya senior-senior ini suka sok tau dengan menambahkan tugas-tugas aneh kaya kenalan, trus isi buku dan ditanda tangan..menurut pengalaman gw, kaya gini sebenernya ga perlu lah..perkenalan mah dilakukan atas dasar ikhlas, bukan terpaksa kaya gini. toh gw banyak banget kenalan senior tanpa harus pake-pake buku kenalan gitu (walopun gw juga ngikutin aturan main ospek gw waktu itu..hhe..).
Nah pernah juga ketika gw uda diposisi senior paling tinggi, ato sebutanya macan kampus..wkwkwk..ato sebutan lainnya MAPALA (mahasiswa paling lama..hehe..tapi karena kampus gw negeri selama-lamanya gw cuman 3 taun lebih dikit, maksimum 4 taun lah..hehe..) gw sempet bingung karena ada ide dari ade kelas yang mengusulkan program membantu MABA untuk meraih IPK yang lebih baik, diawali dengan proses di ospek, kemudian dilanjutkan ke kehidupan kampus selama mereka mengikuti kegiatan akademik yang ada dikampus.. gw bingung, lah ngapain sih pake acara sok-sokan mau bantuin naikin IPK ade kelas, nah IPK ente-ente aja pada ga bagus-bagus amat..lagian menurut gw ketika itu, ospek itu lebih ke pengenalan kampus, dari mulai civitas kampusnya, ruangan-ruangannya (kampus gw itu segi 8 nyambung-nyambung, jadi klo ga biasa dijamin nyasar gan..) dan seluk beluk di dalemnya.. Ini merupakan satu contoh yang agak ga lazim untuk ospek-ospek jaman sekarang..
Tapi itu mending mau bantuin dalam hal positif, klo pengalaman gw dlu waktu jadi MABA, pake acara dikumpulin di suatu tempat luas di kampus, terus di interogasi macem-macem dan mencari-cari kesalahan, apa ini mendidik? gw rasa ga ada fungsi dan manfaatnya untuk kedepan..klopun ada, nanti pas kita uda pada senior ada pengalaman yang bisa diceritain sekaligus bahan ceng-cengan dan lucu-lucuan..hehe..
Dari segi tata acara dan rangkaian ospek itu sendiri, banyak koq yang menurut gw masih bisa diambil manfaatnya sebenernya..tergantung kita aja nerimanya gimana. Emang ospek itu ga memberikan efek langsung, tapi jangka panjang.
Efek jangka panjang yang gw maksud disini tuh, gw ambil contoh pengalaman gw aja ya, gw ini mahasiswa perikanan yang kerjaannya banyak praktek lapangan atopun praktikum di Laboratorium. Nah klo gw ga terbiasa menghadapi hal-hal baru yang lumayan ga terbayang dalam hidup gw sebelomnya, maka gw ga akan bisa bertahan di FPIK yang sangat kejam kehidupannya, baik dosen maupun mata kuliahnya..hehe..dengan adanya tugas-tugas ospek yang bejibun, plus disuruh bikin-bikin kreativitas-kreativitas tertentu, plus lagi di omel-omelin, diculik ke kosan senior, sampe berendem di lumpur yang luar biasa bau, trus ditambah nyium bangke ikan busuk dan cuci muka pake jeroan ikan yang dicampur di satu ember, membuat gw jadi terbiasa mengahadapi kehidupan kampus gw yang emang kaya gitu (gw sering yang namanya Fieldtrip, kunjungan lapangan untuk ngambil data-data praktikum)..malah karena waktu ospek itu berat (oia, setaun pertama dikampus, isinya ospek doank..haha..) setelah gw bener-bener terjun kedunia akademik, gw jadi ngerasa lebih ringan...karena apa? karena itu tadi, dunia akademik perikanan itu keras bung, sama kaya hidup di Ibukota (walopun kampus gw jauh dari peradaban kota besar...wkwkwk). Dan efek yang lebih nyata lagi adalah, ketika di dunia kerja gw berasa enteng banget ngerjain segala pekerjaan gw dengan dibwah tekanan atasan, klien dan lain-lainnya (dinamika kerja..hehe..), beruntung gw bisa mengenyam ilmu yang sangat berguna kelak untuk Indonesia ini, walopun gw harus "berdarah-darah" dulu untuk nyeleseinnya..#lebay.com....
Dengan rangkaian ospek seperti itu gw bener-bener mendapatkan pengalaman yang gokil-gokil, kebersamaan yang hangat antara senior, junior dan juga dosen serta semua civitas jurusan dan fakultas, dan yang terpenting, itu semua bermanfaat besar sekarang (saat kerja). Asli manfaat banget. yang gampang adalah gw ngebandingin dengan hasil dari ospek ade kelas gw setelah 2 taun berselang, yang jauh dari deskripsi yang gw bilang diatas..dan hasil kebawah-bawahnya terus gimana?? berantakan semua sekarang gan.. dosen pada ngeluh karena sikap mahasiswanya yang ga hormat lah, asisten praktikum ngeluh karena praktikannya ga bisa ngapa-ngapain pas lagi praktikum lapangan, dan paling utama adalah, penyelesaian tugas dan laporan-laporan praktikum yang amburadul...Ini adalah fakta nyata yang gw liat dikampus..Miris memang, tapi itu tadi, ada dilema antara kita mempertahankan kaya gitu di jaman sekarang, apa masih relevan? kemudian ada solusi yang membuat Ospek dijadikan kegiatan yang mendidik..tapi tidak jelas deskripsi mendidik ini yang kaya gimana..logikanya, klo mau mendidik, ngapain lo kuliah, uda aja ikut ospek sampe kelar, semua ilmu uda didapet kan?? sama aja jadinya...hehe..sedangkan senior yang dibilang mau mendidik, sedang empot-empotan juga mikirin kuliahnya yang brantakan gara-gara banyak berorganisasi yang ga penting, termasuk jadi panitia ospek itu sendiri..hehe...susah juga kan jadinya?
Jadi ada baiknya untuk dikaji kembali, minimal agar MABA nya juga ga keder begitu denger kata-kata ospek tadi..ga mungkin kan ospek kaya deskripsi gw diatas dilaksanain untuk jurusan macem ekonomi atopun sastra? karena ga akan ada manfaatnya juga di suruh push up, sementara lingkup mereka nanti kebnayakan didalam kantor atopun didalam kelas (pas kuliah). Tapi klo untuk jurusan tempat gw menuntut ilmu, itu sangat penting untuk digelar, karena uda banyak keluhan-keluhan negatif yang dateng dari pihak civitas jurusan gw yang mengatakan uda ga ada lagi tata krama, rasa hormat, ngehargain, dan lain-lain dilingkungan jurusan gw..jangankan pegawai TU, dosen aja banyak yang menegeluh karena sikap mahasiswanya yang dinilai kurang baik di kampus..
So, klo mau ngejalanin ato ngadain ospek, ngerti dulu akarnya ospek itu buat apaan sebenernya, sama ada ga manfaat kedepannya dengan jurusan yang lo jalanin nanti..jangan sampe kaya I*DN dulu, ga tau sekarang, yang seharusnya sebagai abdi masyarakat, tetapi jadi arogan karena kebiasaan-kebiasaan yang jadi "tradisi".
Komentar
Posting Komentar