KRL Commuter Line, akankah (masih) mengedepankan kenyamanan?
Yak..uda lama ga bikin field report nih gw..haha..
Kali ini gw mau bikin laporan mengenai perjuangan orang-orang yang bekerja dengan yang namanya KRL Commuter Line.
Masyarakat Indonesia mungkin sedang demam sama yang namanya Kereta Rel Listrik. Gimana ngga? mulai 1 Juli 2013 kan KRL ini harganya cuman Rp.5000 paling mahal bok. Hal ini karena diterapkannya tarif progresif kereta yang baru yaitu Rp.2000 untuk 5 stasiun pertama, dan nambah Rp.500 aja untuk 3 stasiun berikutnya..gokil kan? Yang tadinya untuk naik ni kereta butuh Rp.8000-9000, sekarang paling mahal cuman goceng men..
Dari awal gw udah prediksi ini bakalan ada blooming penumpang, bahasanya uda kaya blooming algae aja di danau..haha.. Dan ternyata bener-bener kejadian. Ibaratnya, kalo ni kereta di bungkus daun pisang, udah pas banget jadi pepes teri nih..rapet..haha..
Ini sebenernya sih harusnya bisa di antisipasi, cuman permasalahanya adalah dari pihak petugas sendiri itu belom lah maksimal pengetahuan mengenai tata cara pengaturan penumpang dan pengetahuan tentang penggunaan efektif dari alat-alat yang relatif baru bagi mereka. Tapi yang ga kalah penting adalah, mental dari penumpang kereta ini yang menurut gw belom pantas untuk dikasih fasilitas yang baik. Istilahnya diajak maju masih aja susah..haha...
Mental. Inilah yang sangat sulit dihadapi untuk permasalahan transportasi massal ini. Banyak calon penumpang yang mentalnya masih aja mental ekonomi, seperti contohnya kaya nahan pintu kereta supaya ga ketutup biar tetep keangkut, atau masih juga duduk-duduk di lantai gerbong yang mana akan menggangu penumpang lainnya, karena yang berdiri ini jadi serba susah untuk bertahan biar ga nimpa si penumpang yang duduk dilantai, soalnya kalo keinjek marah..aneh..hahaha.. Nah disini ada aturan yagn mana misalnya kereta akan jalan ketika pintu sudah tertutup, tapi banyak orang yang sepertinya agak kurang pintar mencerna kalimat-kalimat itu sehingga masih aja mengganjal itu pintu. Akhirnya udah jalannya telat, penuh, sauna, dan pastinya jadi ga nyaman lagi nih kereta kan. Padahal Commuter Line kan pake AC, tapi nyamannya sudah hilang karena kelakuan orang-orang mental miskin ini.
![]() | ||
Contoh Penumpang mental kere yang mengganggu |
Pada ga mau ngalah sampe ga bisa ketutup |
Ketika mulai diberlakukan aturan ini, banyak yang menyambut positif, gw pun sama, menyambut positif. Tapi sambutan ini ga dibarengi oleh perubahan pola pikir terhadap berkereta. Jadinya berantakan lah rencana dan program PT KAI untuk membuat kenyamanan berkereta. Gw bukan mau bela siapa-siapa, tapi seengganya ada perubahan yang mau dilakukan oleh PT KAI untuk lebih memasyarakatkan sarana transportasi massal ini. walaupun dengan segala keterbatasannya (mungkin karena masih baru). Nah perubahan ini ga terjadi disebagian (banyak) penumpang yang akhirnya malah menghilangkan kenyamanan berkereta itu sendiri. Mungkin ini kelakuan beberapa orang, tapi efeknya? maslahat pak. Contoh aja ketika orang-orang pada maksa masuk padahal kereta berikutnya jaraknya juga cuman sekitar 2 menitan, orang maksa terus aja. Akhirnya kereta ga jalan karena pintu ga ketutup. Yang rugi?? semua yang rugi, KAI rugi, penumpang pun rugi.. rugi waktu, rugi ketidaknyamanan, dan lain sebagainya.
Nah mulai dari sini apa salahnya sih kita benahin diri kita sendiri dulu untuk menerima kemajuan teknologi dan pelayanan yang udah berusaha disediain demi kenyamanan kita, kalo ga ya sampe kapanpun, walaupun keretanya uda sinkansen sekalipun, tetep aja kalo mentalnya mental orang susah, ga akan pernah nyaman itu yang namanya berkereta. Kemaren juga ada pernyataan dari kepala Dishub kalo ga salah yang bilang kalo desek-desekan itu biasa, di Jepang pun biasa. Ini statement yang perlu dipertanyakan, karena menurut pengalaman gw ga ada itu yang kaya gitu, di Cina, Jepang, bahkan Thailand deh ga usah jauh-jauh, semua rapi kok. Itu berarti masyarakatnya mau untuk berubah. Nah untuk ngatasin orang Indonesia yang agak susah diatur, menurut gw sih perlu tangan besi juga, jadi biar ada efek jera, n pamsus-pamsus dan marinir ga gabut juga distasiun, cuman jagain gerbang tap in doank itu menurut gw ga maksimal lah.
Kalo mau berkereta yang nyaman, mari dah kita sama-sama berubah mulai dari diri sendiri, mengharapkan kenyamanan tapi lo sendiri yang bikin ini jadi ga nyaman, gimana mau dinyamanin?? ya kan?? dan selain itu juga fasilitas makin di tingkatin lah, karena commuter line ini makin banyak aja yang panas, terutama yang lewat antara jam 10.00-15.00 an, itu gile kaya sauna, padahal kosong keretanya, ya ga kosong-kosong amat sih. Terus juga perawatan komponen pendukung KRLnya juga dibenerin lah, jangan bentar-bentar ntar mogok karena sinyal keganggu dan sebagainya. Juga jangan cuman bisa protes aja sama perusahaan penyedia, tapi kita ga ngedukung usaha mereka. Terus lagi, kalo ada aturan ya ditaatin toh juga buat ketertiban, dan menambah nyaman transportasi ini kan..
memang cukup mengganggu orang-rang yang suka seenaknya menahan pintu atau duduk sembarangan
BalasHapus