Miris Jilid 1 (MSP)

Judulnya miris, MSP (Miris Sama Perikanan, maksa banget ga sih?hehe)..yah sama aja kaya kejadian-kejadian yang akhir-akhir ini menimpa gw...tapi gw bukan mau ngebahas kemirisan nasib gw belakangan ini, tapi gw mau ngebacot masalah tempat gw bernaung mencari ilmu untuk melakukan jihad tertinggi gw (Tallabul Ilmi).

Kita mulai aja yak...hmm, dari aman mulainya? dari pintu gerbang kampus hijau...wkwkwk...ga lah..yah, gimana ya, gw sebenernya komentar kaya gini karena gw sangat mencintai jurusan gw ini waktu kuliah dulu..makanya akhirnya gw pengen banget ngeluarin unek-unek gw masalah ini...

Sejarah awalnya dimulai ketika pada waktu itu, gw baru aja diterima masuk ke satu-satunya Kampus Hijau di daerah Dramaga Bogor. Gw diterima lewat jalur SPMB. nah, kebetulan nih, di kampus ini aturannya, lebih banyak nerima mahasiswa USMI (kalo umumnya PMDK), jadi kurang lebih perbandingannya 80% USMI 20% SPMB (kalo sekarang tau dah, apa masih gini, ato uda aja jalur penerimaan lain, maklum sekarang kan persaingan di bidang pendidikan tinggi lagi gokil2nya, sampe Institut aja mau berubah jadi universitas untuk meningkatkan kompetensinya, tapi sebenarnya mah uang lah pasti). Di situ gw uda bingung, kenapa konfigurasinya kaya gini??
semakin kesini akhirnya gw makin tau kalo ternayta proporsi di USMI nya sendiri juga ga kalah aneh..hehe..orang-orang dari sekolah lokal (Bogor) dapet banyak banget kesempatan untuk dapetin ini. sementara sekolah lain ngga.. Padahal ini institusi nasional, bukan regional bogor aja..Disini gw uda mulai mencium bau-bau aneh pendidikan tinggi.

Sudut padang gw persempit ya, jadi di jurusan gw aja...Gw menuntut ilmu tentang ilmu-ilmu perikanan dan kelautan. Pada awal memulai "karir" disini, gw merasa sangat banyak kendala dan kejanggalan, mulai dari tinggal di asrama waktu smester 1 & 2, ospek setaun penuh, n sistem perkuliahan yang sangat konyol, jadi warga SPMB (dilambangkan dengan huruf Q) dan warga USMI (huruf P), dipisah kuliahnya..tapi rombongan gw (gw SPMB jadi Q), digabung sama jurusan lain yang sama-sama Q juga..anehnya disini kenapa mesti ada kaya gituan? kenapa sih ga dari awal kita digabung aja? alesannya klasik ternayta, biar ngebaur sama orang lain, melihat beragam budaya dari seluruh Indonesia (mang Taman Mini Indonesia Indah ya ni kampus? hehe..) melalui pergaulan tanpa memandang ras ato daerah manapun..OK itu gw terima..tapi jadi ada jarak diantara kita (P&Q)..ada muncul smacam superioritas disini..untung terjadi pada saat awal-awal doank. Gw sangat ngga suka di beda-bedain gitu. Apalagi banyak orang P yang terayta kemampuannya ga lebih baik dari anak Q..jadi buat apa ada perbedaan kaya gitu? sama aja gan.

itu waktu tingkat 1..skip..skip...skip...skip..eh uda nyampe di akhir semester 8, alias uda pada sibuk penelitian, bahkan uda ada yang lulus. Nah disini baru makin keliatan dah banyak yang aneh. terutama dengan adanya kurikulum aneh n agak-agak ga relevan untuk pendidikan tinggi kalo menurut gw, kurikulum Mayor Minor. Kebetulan angkatan gw adalaha angktan terakhir yang make sistem konvensional lama, sedangkan ade kelas dibawah gw persis uda make sistem ini..Disini gw banyak nemuin yang aneh. pertama dari segi mata kuliah. banyak banget mata kuliah yang diapusin, ato ga menjadi utama lagi...kaya Biologi Laut dan Ekologi Laut Tropis, ini kan penting sebenernya..kita bisa tau masalah biologi kelautan n juga mempelajari tentang keseluruhan ekologi lautan tropis karena kita tinggal di kepulauan di daerah tropis..

Ade kelas gw uda jarang yang tau masalah terumbu karang, gimana ngukur pentupan karang ato yang lain..mereka malah ngambil minor kaya komunikasi, ilmu keluarga dan konsumen...helo?? mau ngapain coba ngambil yang kaya gituan..dan akhirnya terbukti pada saat penelitian mereka, dengan Ilmu jurusan gw yang uda dikerdilkan, jadinya pada kebingungan karena ga punya dasar yang kuat mengenai apa yang mereka teliti..miris kan? seorang anak MSP ga mengerti mendalam masalah Kelimpahan Plankton, ato sumberdaya hayati non ikan yang harusnya mereka wajib bisa, n wajib mereka mengerti.  Penyatuan Mata kuliah kaya Manajemen Sumberdaya Perikanan Laut (MSPL) dan Manajemen Sumberdaya Perikanan Tawar (MSPT) yang harusnya dipelajarin per satu smester, eh ini malah digabung jadi satu semester itu mahasiswa uda dapet dua duanya...gimana ilmunya mau mendalam? itu contoh kasus..

Nah yang miris lagi akhirnya gini kan (ini ga cuman kejadian di ade kelas gw, tapi kayanya mang uda mendarah daging) masalah IPK..Ini biang mirisnya gan. Kita sebagai mahasiswa, uda lumrah banget kalo kuliah kita dulu mengejar IPK, bukan nyari ilmu..jadi segala cara dilakukan biar IPK gede, dan mirisnya, ini malah ngebikin rasa kasih sayang kita, tolong menolong kita, gotong royong kita, hilang total..ditambah dengan adanya sistem mayor minor ini, makin keliatan lah mahasiswa menjadi sangat-sangat individual, bersaing dengan tidak sehat, n akhirnya mementingkan diri sendiri ato kelompoknya masing-masing.

Dan sebagaimana kita tau kalo di Indonesia ni mainannya duit terus, jadi paradigma berpikir orang-orang lulusan kampus gw (mungkin kampus lain juga sama) nih jadi kearah sana semua..jadi ga heran juga sih sebenernya kalo ngeliat kelakuan mereka jadi super individu, ga ada toleransi, pelit ilmu, dll..mereka jadi mementingkan gimana IPK bagus biar cepet dapet kerjaan, n kalo bisa di Bank (soalnya nih menurut yang gw tau, kalo kerja di bank cepet balik modal...hehe...bego amat sih, melek napa??) Mereka mikir, wah asik neh, jadi jutawan muda...hehehe...

Mungkin banyak dari kita belom tau bahaya nyata yang ada dihadapan kita dengn sikap kaya gini...sebenernya mikirnya gini aja, klo kita ber individu, bersaing, mementingkan diri sendiri dan kelompok, ada ga ilmu yang terbangun jadinya?? ga akan ada lah, adanya cuman plagiat doank (terbukti dari mulai teori dasar ilmu pengetahuan kita sampe ke lagu-lagu yang kita denger)...tapi coba de kalo kita berpikir dengan rasa saling berkasih sayang (bukan kaya pacaran neh, ntar repot klo sesama jenis disangka maho...wkwkwk) maka akan timbul rasa tolong menolong, dan akan muncul pula rasa ingin bersama, bergotong royong..dan setelah semua ego dikesampingkan, alangkah dahsyatnya (pasti) kita bisa menciptakan  sesuatu kreasi baru, dengan buah ilmu pengetahuan yang kita dapetin dikampus kita, terutama disini gw ngomong jurusan gw jadi berarti ilmu-ilmu perairan, perikanan dan kelutan kita, menjadikan Indonesia kembali jadi negara maritim yang sangat disegani di seluruh dunia..ya kan?? masuk akal kan?

Contoh gampangnya, kalo seandainya, mereka-mereka yang pinter (IPK diatas 3,1), mereka tidak berpikir individu dan mau membangun n membagi semua ilmu yang mereka punya (bukan kasi contekan waktu uts..hehe) kepada temen-temennya, ato sesama orang pinter lain, bukan ga mungkin kan akan menciptakan suatu kreasi ilmu baru orisinil ala anak MSP, yang nantinya bisa dikembangkan untuk memajukan Indonesia?

Nah, masalahnya, ini yang uda lama ditinggalin lulusan jurusan gw (n mungkin lulusan universitas manapun), sehingga efeknya apa, ni dia :
1. Banyak lulusan yang tidak sesuai bidang kerjanya dengan disiplin ilmunya
2. Berpikir bagaimana hasil (IPK baik) tanpa memikirkan bagaimana ilmu itu bermanfaat nanti
3. Muncul Pemikiran Bank adalah lembaga setelah lulus (paradigma uang uda jadi komoditi utama para lulusan)
4. Ilmu pengetahuan kita menjadi jalan ditempat
5. Para penguasa dengan politik dan kekuasaannya mengambil sektor-sektor yang seharusnya ditangani sama orang yang kompeten (orang yg kompeten aja ga mau berkecimpung, susah kan??hehe)
6. Terpuruklah negara ini..
7. Semakin banyak lah korupsi (pemikiran uang adalah komoditi utama dari jaman kuliah dulu, sekali lagi gw tegesin)

nah mumpung belom telat, marilah kita bangun silaturahmi kita ini, jagan di putus karena urusan duniawi..efeknya jelek banget gan, makanya negara kita jadi begini, tapi sok mau dibenerin dengan pemberantasan korupsi ato apalah, ga perlu repot2, sambung lagi tali silaturahmi, sehingga permasalahan dasar negara ini bisa terselesekan...makanya kuliah tu jagan mentingin IPK buat gede, tapi proses pencarian ilmu pengetahuan itulah yang di nilai sama tuhan..kalo perkara materi, itu adalah konsekuensi logis kita kalo uda melakukan sesuatu yang baik dan bermanfaat, ya kan??ehehe...

Ilmu yang bermanfaat itu kan akan membawa kita menuju derajat kemuliaan yang tinggi di mata Tuhan kita maupun sesama manusia,bener ga? nah klo ilmunya cuman  plagiat doank bisanya, ga bisa bikin kreasi yang bermanfaat, percuma lo kuliah dulu..cari duit mah ga kuliah juga bisa...hehe...Miris banget ga sih hidup lo dengan segala yang uda jadi bekal lo (ilmu)???hehe...

Nih lo mau ntar jadinya kaya gini??

ga ada silaturahminya sama sekali kan?? ni anggota kita yang terhormat yang katanya ilmunya tinggi, tapi tanpa silaturahmi bisa apa mereka?? dulu lo bisa mengejek mereka karena kelakuannya, tapi lo juga bakal kaya gini gan misalnya ga ada rasa saling berkasih sayang, tolong menolong, gotong royong, cepat ato lambat...(uda banyak kan buktinya aktivis yang dulu anti, sekarang ngebela mati matian??hehe)

ato gini dah, bonus : Om Sukro tuh..hehe..

Komentar

  1. Kagak semua lulusan MSP yang kerja di bank itu seperti yang ente pikirkan bos (pengen balik modal atau mau jadi jutawan). Mungkin saja memang minatnya di situ.
    Menurut ane, rada picik pikiran ente.

    Ane jadi penasaran ente kerja dimana sih? Masih di bidang perikanan atau ente sadar bahwa bekerja di bidang perikanan yang sesuai ilmu MSP tidak gampang?

    BalasHapus
  2. Ane quote ya:

    1. "Ade kelas gw uda jarang yang tau masalah terumbu karang, gimana ngukur pentupan karang ato yang lain.

    > Ente sendiri bagaimana? masih ingat?

    2. "Kita sebagai mahasiswa, uda lumrah banget kalo kuliah kita dulu mengejar IPK, bukan nyari ilmu..jadi segala cara dilakukan biar IPK gede"

    >Ketauan deh belang ente..

    BalasHapus
  3. tau lah..ini maksudnya kan mereka uda ga lagi mempelajari kaya gituan, ga kaya jaman kita kuliah dulu,...hehe...walaupun gw uda lupa maslah itu, tapi gw masi punya gambaran ttg ilmu itu n gw tau gimana cara nyari infonya, sementera ade kelas, dasar ilmu mereka uda ga dik kasih lagi..gw ngerasa kasian justru bukan nnya mikir picik ato apa..hehe..

    gw juga ga ngejar IPk, tapi ilmu yang gw cari..makanya gw bisa nulis ini semua, logikanya kalo gw mahasiswa yang kaya gitu, malu donk gw nulis ini? ya ga? sama aja buka aib sendiri..IPK gw mah kecil kali, 2,7 aja kaga nyampe..hehe..bisa ditanayain tu sama temen2 gw...

    BalasHapus
  4. ninggalin jejak senyum aja ya..
    :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer