Perjalanan Kisah di Komunitas Jepang Part 1

Ternyata, uda lama juga neh gw berkecimpung di dunia jepang-jepangan..Seiring dengan itu pula ada keinginan gw untuk berbagi pengalaman tentang komunitas ini, dari awal gw berkecimpung tuh, sampe akhirnya gw uda mundur teratur dari dunia yang membesarkan nama band gw ini.. (Anjrit Artist Detected..hehe..)..

Ok gw mulai...enakan pake timeline kali yah..

2003

Inilah saat pertama kali gw berkenalan sama yang namanya jejepangan..Awalny gw ga terlalu suka (mungkin anak-anak lain yang suka jepang juga gitu pertama kali), tapi setelah lama-lama gw dengerin, eh ternyata enak juga..Perlu digaris bawahin neh, gw suka jejepangan bukan suka keseluruhan kaya suka kartun (anime) apalagi budayanya, ngga, gw cuman suka music jepang..bukan suka segala hal yang berbau jepang..
Ini contoh anime 
Ini contoh budayanya



Diatas tu contoh aja, kalo gw ga terlalu suka sama yang kaya gitu, tapi ga memungkiri gw penggemar berat Doraemon sama Dragon Ball..haha..tapi uda, cuman itu aja dua ga nambah2 lagi..



Doraemon Anime

Dragon Ball Anime

setelah lama gw suka sama yang namanya dua kartun diatas itu, barulah gw berkenalan dengan yang namanya musik J-Rock, bukan J-Rocks ya (itu nama band indonesia yang mungkin juga terinspirasi sama jejepangan...wkwkwk)...disini gw pertama kali dikenalin sama yng namanya L'Arc~En~Ciel, sebuah band legendaris dari jepang yang sekarang-sekarang ini (dari mulai 2009-sekarang), gw perhatiin banyak banget yang uda mulai tau di negeri kita..


Ni penampakan Laruku
Nah, dari situ pertama kali banget gw disuruh ngedengerin lagu berjudul Niji (bukan band yang digawangi giring), disitu gw mikir banget dengerin ni lagu, gw dalam hati bilang, "buset ni lagu susah amat dicerna ya??!!", tapi gw bener-bener penasaran banget ma ni band, maka dari itu, ni lagu gw copy dari gitaris band gw (gw punya band kebetulan, namanya SkyZ, ini nanti ada kisahnya sedikit dibawah..hehe), n gw puas-puasin denger mpe mencret...hehe...
Akhirnya, gw mendeklarasikan (anjrit basanya songong..hehe) menyukai L'Arc~En~Ciel, ato yang biasa disebut laruku...dan dari permulaan itu, gw yakin anak-anak yang suka jejepangan di medio 2003-2004 tu sukanya ma laruku dulu baru ke band yang lain, gw berinisiatif untuk ngerubah wajah band gw yang kala itu cuman beranggotakan 3 orang, gw, gitaris, ma basis, untuk pindah jalur yang tadi bawain metal macem korn ato system of a down, ke laruku...alesannya adalah, wah masih jarang nih band SMA yang bawain lagu-lagu jepang...
Oia, sekedar catetan, waktu itu yang namanya nyari mp3, atopun kaset/cd/vcd laruku dan band-band jepang lainnya kaya nyari jarum di dalem jerami, susaaaaah banget gan...asli...pas dapet kaset 1 biji aja senengnya minta ampun..ga kaya sekarang, disemua toko kaset aja ada...dulu pertama kali gw ma temen-temen yang suka musik jepang tu nyari sampe jauh-jauh ke taman anggrek mall, ketemu 1 laruku, sama 1 kaset GLAY..itu bisa dapet aja bangganya minta ampun..hahaha..kampung abis..selain itu, gw pertama kali nonton acara jepang bernama "HORA" yang diadain sama anak sastra jepang UI, waktu itu ada Wasabi, (dir en grey cover), Zeal (anime n j-rock cover), Jetto (Laruku cover), Sakura Drops (Luna Sea cover), Kirie, Kaitou, dll...gw sangat-sangat terinspirasi untuk bisa manggung di acara kaya gini...hahaha..coming soon...


2004


Nah masuk taun ini, artinya gw uda masuk ke kelas 3 SMA...dan ini saatnya berekspresi dengan bebas, merasa ga lagi ada yang menekan (kakak kelas suka pada tengil dulu, ga kaya sekarang, yang tengil ade kelas, mentang-mentang duit banyak, klo dulu kan ga punya duit asal lebih tua juga bisa tengil..wkwkwk)..mulai lah band gw muncul kepermukaan..barulah nama Skyscraper (nama band gw sebelom berubah jadi SkyZ  -RED) kedengeran di antero sekolah..hehe..

Sekedar cerita nih, dulu awal dibentuk band ini dibentuk karena mau ada acara pensi gitu di sekolah gw, SMAN 3 Depok..nah, kemudian band ini terbentuk dengan 4 personel yang semuanya sekelas..dan waktu itu persaingan antar band-band sekolah sangatlah ketat, ketat banget malah kaya baju ABG labil jaman sekarang..wkwkwk...karena band gw digawangi anak-anak kelas 1 pada waktu itu, taun 2001 jadi bener-bener ga bisa berekspresi karena semua band audisi yanglolos adalah kebnayakan kelas 3..tapi dengan catatan ya, kualitas mereka emang bener-bener bagus, ga kaya sekarang-sekarang ini, pada ga bisa maenin musik bareng-bareng aja bisa lolos audisi..widih, males gila, cape denger ade-ade kelas yang pada pengen T-E-P-E sama cewek2 dengan ngandelin skill bapuk..hehe..
Ok, kemudian pas kelas 2, berhubung gw ma basis gw tergabung dalam pengurus OSIS dan kebetulan jadi panitia pensi, jadilah band ga bisa manggung lagi, karena yang manggung ga boleh salah satu personilnya yang ada di kepanitiaan..jah, gagal maning son...hehe..nah barulah di pensi terkahir angkatan gw..
Pas gw kelas 3, dan waktu itu kebetulan digelarnya pas uda selese UAN, band gw pun muncul...dan ga seperti band2 lain, Skyscraper tampil sangat beda..selain tampil bawain lagu-lagu J-Rock, khususnya laruku, ni band juga berdandan kecil-kecilan ga seperti band lain yang maen tanpa merhatiin make up..hahaha...inilah yang bikin band gw punya kesan lebih buat sekolah gw..bisa ditanyain dah klo ga percaya, n guru-guru pun inget dah...hehehe...nah, dari sinilah perjalanan di komunitas Jepang bakal dimulai..dan sehabis SPMB kurang lebih juni ato juli 2004 gw lupa, acara jepang yang waktu itu gw datengin adalah, Laruku Nite jilid I, dimana waktu itu gw masi belom banyak tau peta kekuatan (anjrit basa khayal lagi) band-band J-Indo..dan gw juga cuman nonton n hanya tau laruku, luna sea n dir en grey (khusus band ini, gw dulu ga suka dah sama mereka, lagi suka-sukanya sama laruku...hehehe..)

2005

Setelah sering bawain laruku di setiap latian ato manggung lokal di depok, gw sama temen-temen band, waktu itu ada gitaris n basis, drumer tau tuh ngilang kemana, dateng ke acara di Hotmen cafe cikini, gw inget itu seminggu setelah lebaran...hehe..gw lupa nama  acaranya..disitu gw pertama kali liat wasabi manggung dari deket, mereka bawain dir en grey..dan itu menurut gw sangat-sangat keren...akhirnya uda kaya kesetrum aja nih, semua personel band bilang "kita bawain dir en grey" karena waktu itu blom ada lagi band selain wasabi yang bawain dir en grey, alesannya, karena terlalu rock atawa metal, n termasuk susah bawainnya.. karena band gw awalnya adalah band rock metal, makanya dir en grey dirasa cocok sama selera kita, selain suka lagu jepang, juga bisa berekspresi dengan rock, jadilah kita band cover diru, panggilan dir en grey..






Pintu masuk ke komunitas jepang dimulai taun 2005..ini pertama kali Skyscraper ngikutin audisi untuk acara jepang..setelah tau dari temen kalo ada audisi buat acara jepang yang akan di adain di News Cafe (sekarang uda bangkrut), kemang...acaranya namanya Kouhai..artinya junior ya klo ga salah...hehe...dan hasilnya, mereka ngakuin kemampuan Skyscraper..jadilah kita main di acara Kouhai itu..

Nah, disinilah kita mulai dapet tutor yang sangat berharga dan inspiratif kalo mau sukses di komunitas..hehe..yap, band gw kenalan sama semua personil wasabi, n sambutan mereka hangat (kaya tokai hangat..wkwkwk), mereka ngasih banyak banget masukan..kebetulan karena saat itu blom ada lagi band J-Indo baru yang bawain Diru, makanya pas Skyscraper manggung, tu personel wasabi semuanya pada nongkrong ngeliat band ini...anjrit diliatin artis komunitas...hehehehe...pamungkas acara ini uda bisa ditebak, Wasabi lah yang jadi superstar nya...dari sini gw bener-bener pengen banget tuh sukses kaya mereka...


Akhirnya, audisi-audisi acara jepang yang kala itu banyak banget acara-acara bunkasainya, semua lolos audisi..inget, pada waktu ini, audisi diadain secara profesional, ga ada embel-embel mentang-mentang temen panitia, jadi bisa lolos, ga ada tu cerita kaya gitu..semua fair..akhirnya, lama-lama ni band mulai dikenal dan di apresiasi sama komunitas..inget 1 hal lagi, anak-anak komunitas jaman ini (gw sebut anak koumunitas lama, medio 2004-2007) sangat-sangat objektif dan asik-asik, jadi kalo band yang dirasa rapi dan menghibur, mereka pasti maju kedepan panggung untuk sekedar ngikutin vokalisnya nyanyi bareng, ato klo kaya wasabi yang bawain diru, kita moshing bareng semua, tapi tanpa ada kerusuhan, ga kaya konser dangdut, nyenggol dikit bacok...hehehe...nah klo band jelek, suara sumbang, maen berantakan, jangan harap ada yang nanggepin, monyet aja tutup kuping dengernya, apalagi anak komunitas lama yang notabene cerdas-cerdas dan mengerti keinginan kuping masing-masing untuk denger lagu yang enak...wkwkwkwk...

Puncak rangkaian acara-acara yang dilalui dengan audisi, adalah Dir En Grey Nite (2005)..disinilah puncak titik balik band gw sebelom masuk ke jenjang yang lebih tinggi, jadi band featuring (band yang tampil dibawah kelas Guest Star..hehe..) band gw lolos audisi yang diadain di kelapa gading, dengan juri si vokalis wasabi sama gitarisnya, yang notabene uda bertemen sama semua personil band gw, tanpa ada yang namanya "mentang-mentang temen", semua fair, ga ada cerita maen-maen kaya gitu..nah, acara pun digelar dengan sukses, juga di News Cafe Kemang, dan disini lah awal Skyscraper diakui sebagai The Next wasabi pada waktu itu (kata nyokapnya adip n bad, drumer n vokalis 2nya wasabi, oia nyokapnya ini adalah manajernya wasabi pada waktu itu)...

SkyZ medio 2005 (Skyscraper)

Dari sini mental band diuji bener-bener..band uda mulai mikir nyari manajer buat ngurusin perkara konsep, manajemen, marketing, bargaining harga dll...sampe dateng tawaran manggung di Pasir Putih Kafe di kemang juga (kebetulan uda bangkrut juga) buat ngisi acara jejepangan semacam gathering forum internet gitu (Padahal smua personel band gw ga ada yang ikutan tuh forum..haha..)..disini awal pertama kali jadi band featuring..ga dibayar, cuman dikasih makan, tapi ga ngaruh, itu buat nambah pengalaman n CV band di proposal..disini juga kita nemuin manajer potensial yang bisa ngembangin karir band di jejepangan...hehe...
Jadilah kita band berkonsep Visual Rock yang tidak lebay dalam berdandan...hehe...Mulai dari sini kami bener-bener berjuang untuk dapetin tempat tertinggi di acara-acara jepang, jadi Guest Star....hehehe....

TO BE CONTINUED...............................


Komentar

Postingan Populer